Header AD

Efek Liburan Keluarga pada Perkembangan Otak Anak

CAR NEWS ONLINE  -- Sebagai orang dewasa, kita menghitung mundur untuk liburan, untuk mengisi ulang tenanga kita. Tapi liburan juga dapat memberikan manfaat bagi anak-anak kita juga. Dengan liburan kita dapat memberikan hadiah yang sangat beharga untuk anak-anak kita, yakni waktu.

Ayah dan ibu, membangun istana pasir, bermain bulutangkis di pantai, atau melompat ke dalam ombak adalah hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan bersama anak-anak kita. Dengan memberikan waktu bermain yang melibatkan orang tua dan anak dapat meningkatkan kepercaya diri dari anak kita dengan memberikan pesan psikologis pada anak seperti : "Kamu mendapatkan semua perhatianku, aku senang dengan kamu, aku senang berada bersama kamu."

Liburan keluarga mengambil kepentingan yang luar biasa jika kita membandingkannya dengan apa yang terjadi di rumah. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan ketika kita melakukan liburan bersama anak-anak kita:

1. Perkembangan Otak

Hanya sedikit yang mengetahui bahwa liburan dapat memberikan manfaat pada perkembangan otak pada anak-anak kita. Hal ini karena ketika berada di dalam liburan keluarga, kita sedang melatih dua system genetic yang berada di bagian limbic pada otak yang seluruhnya tidak dilatih ketika berada di rumah. Hal ini disebut dengan Play system dan Seeking system.

Play system pada otak dilatih setiap kali kita menenggelamkan kaki anak kita ke dalam pasir, melakukan sebuah permainan tickling di kolam renang atau mengankut mereka di belakang punggung kita.

Sedangkan untuk Seeking system dilatih pada setiap kali kita pergi berjelajah bersama dengan mereka, seperti ke hutan, ke pantai dan tempat petualangan lainnya.

Sistem otak seperti ini ditemukan oleh seorang ahli syaraf dunia Profesor Jaak Pankepp dari Washington State University.
Pada saat keluarga kita melakukan liburan, hal tersebut dapat memicu well-being neurochemicals termasuk opioids, oxytocin dan dopamine. Senyawa tersebut dapat mengurangi stess dan menghangatkan suasana keluarga, meningkatkan rasa rendah hati diantara sesama dan perasaan saling mencinta dari semua hal yang baik di dunia

baca juga : Liburan ke Bandung? Ini 4 Tempat Wisata Seru Bersama Keluarga.

Dengan menggunakan system otak tersebut dengan baik sesering kita melakukan liburan keluarga dapat meningkatkan perkembangan otak dan pendewasaan pada anak kita yang terlibat dalam fungsi kognitif, kecerdasan social dan memiliki focus yang lebih baik.

2. Membangun kemampuan konsentrasi

Para peneliti telah mengungkapkan bahwa perkembangan pada perhatian anak dan konsentrasi setelah berada di alam hanya dalam 20 menit. Bermain dengan alam ditemukan memiliki manfaat yang lebih baik daripada obat-obatan untuk para anak .

Ada juga bukti lainnya yang datang bersama ketika sedang berada di dalam dapat menenangkan tubuh, menurunkan tekanan darah dan hormone stress bahkan kolesterol.

Secara luar biasa, penelitian pada otak mengatakan bahwa alam dapat meningkatkan fungsi khusus dalam mengatur tingkat stress, perhatian, konsentrasi, perenacanaan yang bagus dan kemampuan untuk belajar, dan juga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

More

Home | UD Paju Marbun | Sultan Group | IMECH | BeritaDekhoCom | TobaPosCom | KBAA
Efek Liburan Keluarga pada Perkembangan Otak Anak Efek Liburan Keluarga pada Perkembangan Otak Anak Reviewed by Admin2 on 10:30 AM Rating: 5

1 comment

  1. Saya ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH BASKORO dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH BASLORO dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH BASKORO meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH BASKORO kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH BASKORO sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH BASKORO DI 085-217-344-419 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW..

    ReplyDelete

loading...

Post AD